Memahami Perbedaan Antara Link Nofollow dan Dofollow

Memahami Perbedaan Antara Link Nofollow dan Dofollow - Sebelum anda benar-benar memberikan backlink untuk blog anda kemudian mencari cara untuk mendapatkan backlink lebih banyak, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu jenis dari backlink. Backlink yang merupakan bagian dari optimasi mesin pencari, terbagi menjadi dua kelompok yaitu nofollow dan dofollow.

Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow
Yang perlu anda ketahui dari pengertian link nofollow dan pengertian link dofollow, nofollow dan dofollow merupakan sebuah atribut HTML (tag rel) yang membantu bot mesin pencari, yang merayapi blog anda, untuk mengikuti atau tidak.

Link nofollow adalah link yang menggunakan atribut HTML yang tidak mengizinkan bot untuk merayapi mengikuti link tersebut sampai ke sumbernya. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi efektifitas spam dari mesin pencari, diharapkan akan meningkatkan hasil mesin pencari dan mencegah spamdexing dari tempat pertama.

Contoh link Nofollow :

<a href=”http://www.google.com/” rel=”nofollow”>Google</a>

Sementara link dofollow adalah kebalikannya, yaitu link yang menggunakan atribut HTML yang mengizinkan bot mesin pencari untuk menjelajahi seluruh artikel, yang mengikuti link yang ada sampai kepada sumbernya, kemudian menunjukkan konten pada hasil pencarian.

Contoh link Dofollow :

<a href=”http://www.google.com/”>Google</a>

Untuk manusia, kedua link tersebut tidak ada bedanya karena memang sama-sama membawa mereka ke alamat link yang dituju, namun tidak begitu bagi bot mesin pencari. Sampai disini anda sudah bisa membedakan antara link nofollow dan link dofollow bukan?

Meskipun begitu, google masih akan tetap menghitung link nofollow sebagai link keluar dalam hal distribusi page rank pada halaman blog anda. Walaupun begitu, link nofollow masih bergantung dari tempat dimana meletakkannya. Jika diletakkan pada bagian bawah halaman memiliki dampak yang kecil berbeda jika diletakkan di bagian atas halaman, link nofollow akan memberikan dampak lebih.

dofollow nofollow
Kesimpulan :
Link Dofollow memberikan pengaruh lebih bagus untuk halaman blog anda, apalagi jika dikombinasikan dengan teks jangkar (anchor text) yang menggunakan kata kunci dan long tail keyword-nya.

Link Nofollow meskipun secara nilai dibawah link dofollow namun masih bermanfaat juga untuk mempengaruhi peringkat sebuah halaman blog anda karena google masih tetap memberikan perhitungan untuk link nofollow terlebih jika penempatan link diletakkan pada area yang memberikan dampak lebih banyak. Jadi tidak ada alasan sama sekali meninggalkan link nofollow, karena google pun masih memberikan nilai pada link nofollow.
LihatTutupKomentar