Pengertian Anchor Text dan Manfaatnya

Pengertian Anchor Text dan Manfaatnya - Anchor text bukan istilah baru bagi blogger yang telah lama berkiprah di dunia per-blogger-an, namun tidak begitu dengan blogger pemula yang baru mulai menekuni dunia online ini. Jadi ada baiknya backlinksblogdofollow mengangkat tema mengenai anchor text dan seluk beluknya, yang akan dimulai dari pengertian anchor text. Istilah anchor text dalam bahasa Indonesia biasa dikenal dengan text jangkar.
Pengertian Anchor Text
Anchor text adalah teks yang bisa di klik yang ada di dalam artikel sebuah posting blog atau website yang apabila di klik akan membawa anda ke halaman lain.

Mengetahui Struktur Anchor Text
Anda perlu mengetahui susunan dari kode yang membentuk anchor text pada blog atau website sebelum menerapkannya. Perhatikan kode berikut ini :

<a href="http://backlinksblogdofollow.blogspot.com/">Backlinks Blog Dofollow</a>

Dari kode diatas, pada blog atau website yang akan terlihat/ tampak hanya teks Backlinks Blog Dofollow saja. Anda tidak akan melihat kode penyusunnya. Dari kode tersebut jika dipisahkan maka akan ada struktur yang menyusun kodenya, yaitu :
  • <a> dan </a> = awal dan akhir penyusun tag link
  • http://backlinksblogdofollow.blogspot.com = lokasi link yang akan dituju
  • Backlinks Blog Dofollow = anchor text
Dalam beberapa kasus, struktur tersebut tidak berlaku sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Hal ini disebabkan karena ada struktur penyusun kode yang berbeda, tidak mengijinkan struktur seperti diatas, meskipun begitu pada dasarnya anchor text tetap bisa digunakan dengan sedikit perubahan, pada dasarnya struktur ini tidak banyak berubah dari struktur baku tersebut. Anda hanya perlu mengganti penyusun tag link saja, dengan merubah tag link maka anda sudah bisa menggunakan anchor text dengan struktur yang baru.

Contoh :
[url="http://backlinksblogdofollow.blogspot.com/"] Backlinks Blog Dofollow [/url]

Seperti itulah bentuk struktur lain dari anchor text yang bisa anda gunakan jika struktur pertama tidak berfungsi atau memang tidak diijinkan.

Begitu Pentingnya Anchor Text untuk SEO
Salah satu faktor terpenting dalam relevansi untuk tujuan SEO adalah anchor text. Didalam blog atau website, unsur-unsur seperti meta title, heading tag, the surrounding text dan anchor text merupakan faktor yang dianggap relevansi.

Anchor text seharusnya berisi kata kunci yang terkait dengan istilah yang ditargetkan, maksudnya anchor text bisa dimaksimalkan dengan kata kunci yang banyak yaitu kata kunci turunan dari kata kunci utama, atau bisa juga diartikan long tail keyword. Efeknya bisa memberi peluang untuk meningkatkan peringkat kata kunci utama.

pengertian anchor text dan manfaatnya
Misalnya, anda punya kata kunci "sepatu wanita" maka ketika membuat anchor text anda bisa membuat kata kunci utama menjadi lebih kaya dengan memilih kata turunan atau long tail keyword seperti "sepatu wanita murah", "sepatu pesta wanita". Dengan begitu, kata kunci yang anda miliki jadi lebih kaya bukan.?

Dalam penerapannya di internal link, ada hal yang perlu anda perhatikan untuk dihindari :
  1. Jangan gunakan anchor text dengan nilai nol, seperti "klik disini"
  2. Jangan gunakan anchor text yang sama terlalu sering. Bila anda melakukannya, ini akan dianggap sebagai sinyal manipulasi dari frase kunci oleh mesin pencari. Google mendorong anchor text diversifikasi yang menggambarkan hal yang sama.

Tipe Anchor Text dan Mana yang Bagus untuk SEO
Tipe Anchor Text
Ada beberapa tipe yang umum dari anchor text, berikut ini :
  • Zero anchor text, maksudnya adalah anchor text yang tidak membawa nilai hubungan untuk itu disarankan untuk menghindari membuat link dengan anchor text seperti "klik disini"
  • "Naked" URL, URL "Telanjang" pada dasarnya adalah anchor text itu sendiri, misalnya anda membuat anchor text tetapi menggunakan alamat URL pada anchor text struktur, baca lagi diatas.
  • Exact Match Anchor Text, anchor text jenis ini mengandung kawasan geografi dan kata kunci. Anda perlu hati-hati jika ingin menggunakan jenis ini, karena bisa dianggap tidak wajar dalam membangun link.
  • Partial match anchor text, maksudnya anda menggunakan sebagian dari frase kata kunci dengan tidak melibatkan sama sekali tentang geografis yang ditargetkan seperti negara atau kota. Dengan menggunakan kata-kata disekitar kata kunci utama, spider mesin pencari akan memahami jika anda sedang membicarakan tentang sesuatu.
  • Hybrid anchor text, demi keanekaragaman anchor text anda dapat menggunakan kombinasi anchor text yang berhubungan langsung atau tidak.
Lalu dari beberapa jenis anchor text diatas, mana yang lebih bagus untuk digunakan sebagai cara untuk membangun backlink dengan anchor text? Direkomendasikan untuk menggunakan anchor text "Partial Match Anchor Text" dan "Hybrid Anchor Text", karena akan membuat keberagaman kata kunci yang akan anda gunakan semakin banyak sehingga tidak dicurigai oleh spider mesin pencari.

Demikian penjelasan mengenai pengertian anchor text dan manfaatnya, semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar