Teknik Mendapatkan Backlink dengan Footprint

Teknik Mendapatkan Backlink dengan Footprint - Banyak cara untuk mendapatkan backlink, karena backlink bisa diibaratkan seperti vitamin bagi blog. Untuk itu, semua blogger berlomba-lomba untuk mendapatkan banyak backlink pada blognya. Namun biasanya tidak semua blogger mampu mempertahankan konsistensi dalam mencari backlink, salah satu masalah yang dihadapi biasanya kesulitan dalam mencari blog untuk menanam backlink disana.

Nah, berikut ini teknik untuk mendapatkan backlink yang mungkin bisa membantu anda menemukan blog untuk ditanami backlink menuju blog anda. Sebelumnya, sebaiknya anda melakukan beberapa persiapan supaya menambah pencarian anda menjadi lebih istimewa, yaitu backlink berkualitas. Pastikan browser anda telah di instal addons SEOquake, baik Firefox Mozilla ataupun Chrome mendukung addons ini.

Fungsi Addons SEOquake
SEOquake akan sangat membantu anda dalam rencana berburu backlink, mengapa demikian? Karena dengan SEOquake anda dapat mengetahui informasi tentang sebuah situs atau blog, mulai dari pagerank, alexa rank, google dan bing index, SEMrush serta harga situs atau blog.

Dengan mengetahui data-data tersebut maka anda bisa mendapatkan backlink dari situs atau blog yang memiliki pagerank tinggi. Dan yang terpenting, menggunakan fasilitas SEOquake anda tidak akan tertipu dengan blog yang memasang widget pagerank palsu. Itulah alasan menggunakan addons SEOquake atau manfaat SEOquake untuk berburu backlink.

Setelah selesai dengan addons SEOquake, kini saatnya masuk ke rencana berburu backlink selanjutnya, yaitu mencari blog yang tepat untuk menempatkan link yang menuju blog anda disana.


Berikut ini teknik mendapatkan backlink dengan Footprint yang biasa dipakai oleh para blogger :

Pengertian Footprint
Apa itu Footprint? Mungkin ada blogger yang belum tahu atau belum pernah mendengar istilah footprint. Pengertian footprint adalah jejak kaki, artinya teknik mendapatkan backlink dengan meninggalkan jejak atau link di situs atau blog lain.

Teknik footprint secara umum hampir sama dengan teknik blogwalking, lebih tepatnya merupakan bagian dari teknik blogwalking. Baca apa itu teknik blogwalking? Footprint merupakan sebuah teknik mendapatkan backlink yang cukup populer dikalangan blogger, karena memang teknik footprint cukup efektif untuk digunakan dalam mencari backlink.

Cara Menggunakan Teknik Footprint
Berbeda dengan blogwalking yang lebih umum, teknik footprint lebih spesifik dalam proses mendapatkan backlink. Selain itu, teknik mendapatkan backlink dengan footprint ini juga memerlukan kode khusus. Berikut kode untuk melakukan teknik footprint, paste kan ke kotak pencarian di browser :

"Thanks for" "kalimat yang ingin dicari" "Comment" -inurl:kata yang dihindari ada di url -intitle:kata yang dihindari ada dijudul

Teknik footprint biasanya digunakan untuk mengintip backlink yang tertanam dari sebuah kontes SEO, kemudian mengikuti url yang muncul dari hasil pencarian, lalu menanam backlink ditempat yang sama dengan memberikan komentar. Berikut langkah-langkah menerapkan teknik mendapatkan backlink dengan footprint :

Teknik Mendapatkan Backlink dengan Footprint1. Cari kontes SEO yang sedang berjalan atau sudah selesai dalam waktu satu bulan lalu.
Caranya, ketik "kontes SEO" pada browser anda, lalu cari hasilnya pada halaman pertama, kunjungi sepuluh blog tersebut dan seleksi kontes yang sedang berjalan atau yang baru selesai.

2. Cari kata kunci yang ditetapkan dalam kontes tersebut, lalu masukkan kata kunci kedalam format kode diatas. Misal :

"Thanks for" "kursus komputer murah terbaik di Jakarta" "Comment" -inurl:Jakarta -intitle:Jakarta

3. Jika sudah muncul hasilnya, buka satu per satu dan berkomentar disana dengan menanam backlink anda.

Bila perlu, anda catat alamat url yang muncul dari hasil tersebut, sehingga anda mempunyai daftar blog yang dapat digunakan untuk membangun backlink. Tidak perlu kerepotan dan kebingungan lagi kelak jika butuh lagi, tinggal dibuka saja daftar tersebut.

Demikian teknik mendapatkan backlink dengan footprint, semoga bermanfaat. 
LihatTutupKomentar