Membangun Backlink Homepage vs Inner Page Mana Lebih Baik?

Membangun Backlink Homepage vs Inner Page - Membangun backlink untuk blog merupakan kegiatan yang wajib dilakukan jika anda ingin blog anda tetap berada di jalur yang tepat dalam persaingan mempertahankan peringkat atau bahkan menaikkan posisi peringkat di hasil pencarian mesin pencari. Pertanyaannya, kemana sebaiknya membangun backlink untuk blog? Langsung ke homepage (halaman utama) atau ke inner page (halaman posting)?

Membangun Backlink untuk Blog Baru
Jika anda memiliki blog yang masih baru, sebaiknya anda fokus untuk membangun backlink ke homepage saja terlebih dahulu. Mengapa demikian? Blog baru, artinya banyak orang yang belum tahu bahwa blog tersebut ada atau eksis. Jadi ini lebih kearah memperkenalkan blog anda dengan brand yang anda buat ke publik dan ke mesin pencari, sehingga untuk membangun backlink yang kokoh perkuat dulu backlink menuju ke homepage blog anda.

Lalu kapan waktunya untuk membangun backlink pada inner page? Anda bisa mulai membangun backlink untuk inner page saat backlink pada homepage anda sudah cukup stabil, ini ditandai dengan blog anda yang sudah muncul dalam hasil pencarian ketika anda mencari dengan kata kunci yang anda targetkan. Hasil ini merupakan indikator bahwa blog anda sudah sangat dikenal oleh mesin pencari. Sebenarnya ketika blog sudah cukup dikenal oleh mesin pencari, secara otomatis inner page juga sudah diindex oleh mesin pencari, namun posisinya pada SERP belum cukup kuat. Menanam backlink pada inner page dimaksudkan agar lebih menguatkan posisi SERP posting anda pada hasil pencarian tersebut.

Membangun Backlink Homepage vs Inner Page Mana Lebih Baik?
Perbandingan Backlink Homepage dan Inner Page
Berapa angka pasti yang diperlukan untuk membangun backlink antara homepage dan inner page belum pernah ada yang menyatakannya secara gamblang, hanya perkiraan saja dari pengalaman dan riset yang telah dilakukan hanya ada hasil dari perbandingan saja. Namun begitu, hasil ini cukup masuk akal jika dicermati. Hasil tersebut menyatakan bahwa untuk membangun backlink ke homepage di perkiraan membutuhkan angka 70-80% sementara untuk backlink menuju ke inner page hanya 20-30% saja. Tahukah anda, Wikipedia memiliki 600 juta backlink namun hanya memiliki 6 juta backlink yang mengarah ke homepage-nya. Ini berarti hanya 1% saja dari total backlink yang dimiliki sementara sisanya 99% mengarah ke inner page dari Wikipedia.

Kesimpulan
Jika anda ingin rangking yang tinggi, perhatikan baik-baik dalam membangun backlink untuk blog anda. Buatlah backlink sebanyak-banyaknya untuk blog anda dengan mempertimbangkan perbandingan diatas. Yang perlu diperhatikan, jangan membangun backlink dengan jumlah berlebihan setiap harinya, agar backlink yang anda buat terlihat oleh mesin pencari sebagai natural backlink. Dan perhatikan untuk membangun backlink berkualitas. Baca juga tentang mana yang lebih penting untuk blog kuantitas dan kualitas backlink?
LihatTutupKomentar